Kamis, 13 Mei 2010

Operasi 'Katarak' pakai ASKES di RSUD Cibinong

Hari Senin, 10 Mei 2010 saya mengantar Bapak saya ke RSUD Cibinong untuk periksa mata. Berbekal Surat Rujukan dari Puskesmas dan Kartu ASKES, kami berangkat jam 07.30 pagi. Sampai di Rumah Sakit kira-kira pukul 08.00 pagi. Karena baru pertama kali ke rumah sakit tersebut, langsung saja saya mendaftar untuk ambil antrian di ujung paling kanan khusus untuk pendaftaran dokter mata dan penyakit dalam. (Info terakir yang saya dapatkan, harusnya kita ambil dulu kartu antrian supaya antrian tidak diserobot orang, tapi pas saya datang ruang antrian lagi kosong jadi saya langsung antri saja).
Saat ambil antrian dapat nomor urut 18 dan bayar Rp. 15.000,-. Segera kami bergegas menuju Ruang Tunggu di depan Ruangan Poli Mata. Saat menunggu Bapak ngobrol dengan seorang ibu-ibu ternyata juga mau periksa mata dan pakai kartu ASKES. Kata beliau kalau pakai kartu ASKES, GRATIS biaya pendaftaran, tapi harus mengurus Surat Rujukan ASKES dulu di Loket ASKES yang ada di gedung sebelah. Akhirnya aku coba ke pendaftaran dan bilang kalau pakai ASKES, dan dikembalikanlah uang pendaftaran Rp. 15.000,- dan segera antri di loket ASKES untuk ambil Surat Rujukan. Ternyata Kartu ASKES sudah ada yang BARU (dari plastik berbarcode seperti kartu ATM) dan Bapak masih pakai kartu yang LAMA. Kata petugas ASKES akan dicoba dulu pakai kartu lama, Alhamdulillah BISA. Akhirnya setelah mendapatkan Surat Rujukan ASKES (yang berlaku selama 1 (satu) bulan) segera menuju BAGIAN PENDATAAN karena merupakan PASIEN baru. Selesai didata kembali menunggu di Ruang Tunggu di depan Poli Mata. Lumayan lama, tapi ternyata sekali panggilan ada sekitar 4 sampai 5 orang masuk berbarengan jadi lumayan agak cepat.
Sekitar jam setengah duabelas siang baru dapat giliran masuk, dan saat diperiksa sekilas, Pak Dokter meneteskan obat tetes mata (terakhir saya ketahui ternyata obat itu untuk lebih memperjelas selaput putih 'katarak' yang menutupi kornea mata, supaya lebih terlihat secara kasat mata) dan disuruh keluar lagi untuk menunggu lagi selama setengah jam menunggu obat bereaksi. Jam 12 siang baru dipanggil masuk kembali.

Disana kami dapatkan beberapa informasi:
  1. Operasi mata "Katarak" tarif umum (tanpa ASKES) kena biaya Rp. 4.200.000,- per 1 mata, sedangkan kalau pakai ASKES biayanya Rp. 1.850.000 per satu mata dan nanti akan mendapatkan Cash Back dari ASKES sebesar Rp. 750.000,- (INFO dari Dokter). 
  2. Saat ini Ruang Operasi Mata di RSUD Cibinong sedang direnovasi dan bagi peserta ASKES operasi hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit tersebut, jadi harus menunggu renovasi Ruang Operasi selesai dan menurut informasi sementara, Ruang Operasi akan selesai sekitar 2 bulan lagi ...
Akhirnya kami pulang untuk menunggu 2 bulan lagi ...
Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar